Google+ Cara aman melakukan pembelian ONLINE | BlogCholis.com

Cara aman melakukan pembelian ONLINE

Saat ini sangat marak penjualan dilakukan secara online melalui toko toko online, dan marak juga transaksi penjualan online justru digunakan untuk menipu para pembeli, sehingga banyak pembeli yang akhirnya trauma untuk melakukan pembelian secara online padahal produk yang dijual memang dibutuhkan dan dicari oleh mereka. Untuk terhindar dari penipuan di dunia maya.

Berikut ini adalah Tips sederhana cara aman melakukan pembelian online

1. Sebelum melakukan pembelian anda harus periksa deskripsi produk yang dijual legalkah mempunyai ijin dari Badan terkait, jika obat obatan makanan harus ber-Ijin BPOM-RI dan mempunyai nomor registrasi (misal: Foredi 132 673 781) bisa di cek secara online (www.pom.go.id/webreg) masukkan kata kunci nomor registrasi ijin BPOM produk. Cek juga reputasi web yang dikunjungi, perusahaan apa yang memasarkan produk tersebut, apa betul perusahaannya ada bukan fiktif, jika perlu lakukan googling (melalui mbah google)

2. Selidiki perusahaan yang memasarkan produk yg dijual secara online, apa sungguhan ada perusahaannya atau fiktif, bisa dilihat website perusahaannya (misalnya dalam hal ini www.abe-global.com) no telp. no fax, bahkan bila dipandang perlu ada relasi dimana perusahaan tersebut berada mintalah relasi anda mengecek kebenarannya langsung ke lokasi!

3. Harus lihat kredibilitas penjual, siapa penjual sebenarnya dengan melihat jatidiri mereka, apakah berbisnis sungguhan atau tidak (bohongan, web bodong media yang hanya untuk menipu red), ada identitas diri seperti photo diri dan kegiatan yang dilakukan, KTP jika offline, di dunia maya website atau blog pribadi merupakan KTP online si penjual misalnya blog ini (www.blogcholis.com dan googleplus pada sidebar).

4. Jika si penjual adalah seorang agen/ distributor resmi yang ditunjuk perusahaan mintalah no kedistributorannya (nomor resmi keanggotaannya) dalam hal ini no distributor saya (MID 0033128), jika terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan Anda bisa saja lapor ke perusahaan.

5. Mintalah bukti pengiriman barang (no resi pengiriman), semua pengiriman bisa dilacak statusnya secara online melalui website jasa pengiriman jika via JNE cek online di www.jne.co.id jika via POS Indonesia cek online di www.posindonesia.co.id

Jika ke 5 poin diatas terpenuhi anda tidak perlu ragu melakukan transaksi dengan cara melakukan pembayaran terlebih dahulu, kemudian barang dikirim, karena sudah menjadi aturan atau SOP (Standar Operating Procedure) keagenan seperti itu.

Jadi... masih RAGU dan khawatirkah Anda melakukan pembelian secara online dengan kami? 
Semoga Anda tidak RAGU dan khawatir lagi...


No comments:

Post a Comment